Tips Info Review Online

Strategi Dakwah Rasulullah di Madinah, Lengkap!

Dikota Mekkah telah kita ketahui bahwa bangsa Quraisy dengan segala upaya akan melumpuhkan gerakan Nabi Muhammad Saw. Hal ini di buktikan dengan pemboikotan yang dilakukan mereka kepada Bani Hasyim dan Bani Mutahlib. Di antara pemboikotan tersebut adalah dengan memutuskan hubungan perkawinan, memutuskan hubungan jual beli, memutuskan hubungan ziarah dan menziarah dan lain-lain. Maka dari itu Rasulullah memutuskan untuk berhijrah ke Madinah. Di Madinah Rasulullah di sambut oleh para kaum ansar. Kemudian Rasulullah membuat Piagam Mdinah dan mulai berdakwah. Dakwah Rasulullah di Madinah antara lain sebagai berikut.

Strategi Dakwah islam Rasulullah di Madinah

a. Mendirikan Masjid

Hal pertama yang beliau lakukan ketika sampai di Madinah adalah mendirikan masjid. Umat Islam dapat mempergunakan masjid tersebut untuk mempersatukan kaum muslimin. Masjid tidak hanya digunakan untuk mendirikan salat, tetapi juga untuk melakukan aktivitas-aktivitas lain yang diperlukan umat, seperti menjadi tempat pusat perencanaan kegiatan masyarakat, pusat latihan, dan pendidikan dari Rasulullah Saw., tempat mengadili perkara-perkara yang diselesaikan oleh Rasulullah Saw. masjid yang dibangun beliau adalah Masjid Nabawi.

b. Mempersaudarakan antara Kaum Muhajirin dan Kaum Ansar

Para penduduk kota Madinah telah mendengar bahwa Rasulullah Saw. akan hadir dan menetap di kota mereka. Para penduduk menyambut kehadiran Rasulullah Saw. dengan riang gembira. Penduduk Madinah yang menyambut kehadiran Rasulullah Saw. disebut sebagai kaum ansar, sedangkan muslim yang hijrah dari Mekah ke Madinah disebut kaum muhajirin.

Strategi Dakwah Rasulullah di Madinah, Lengkap!


Meskipun kaum ansar mengetahui bahwa sebagian kaum muhajirin tidak membawa harta bendanya ketika berhijrah, kaum ansar tetap bersedia berbagi tempat tinggal, pekerjaan, dan pakaian. Bahkan Rasulullah Saw. menyatakan bahwa kaum ansar dan kaum muhajirin saling mewarisi. Dasar persaudaraan yang dibangun oleh Rasulullah Saw. adalah ukhuwah Islamiyah yaitu persaudaraan yang didasarkan pada agama Islam guna menggantikan ukhuwah qaumiah yaitu persaudaraan yang didasarkan pada kesamaan suku.

Tujuan mempersaudarakan mereka adalah agar satu sama lain saling menolong, yang kuat menolong yang lemah, yang mampu menolong yang tidak kekurangan, serta untuk melenyapkan rasa asing pada diri sahabat-sahabat muhajirin di kota Madinah.

c. Memprakarsai Perjanjian Piagam Madinah

Untuk menjamin hak dan kewajiban setiap penduduk Madinah, Rasulullah Saw. memprakarsai penyusunan piagam perjanjian yang disebut piagam Madinah sebagai berikut.
  1. Setiap golongan dari ketiga golongan penduduk Madinah memiliki hak pribadi, keagamaan, dan politik.
  2. Setiap individu penduduk Madinah mendapat jaminan kebebasan beragama.
  3. Seluruh penduduk Madinah yang terdiri dari kaum muslimin, Yahudi, dan orang-orang Arab yang belum masuk Islam sesama mereka hendaklah saling membantu dalam bidang moral dan materiel.
  4. Rasulullah Saw. adalah pemimpin seluruh penduduk Madinah. Segala perkara dan perselisihan besar yang terjadi di Madinah harus di ajukan kepada beliau untuk diadili sebagaimana mestinya.
d. Menggalang Kekuatan untuk Mempertahankan Agama

Meskipun dakwah Islam banyak dilakukan dengan cara lemah lembut, ternyata masih mendapat tantangan dan hambatan dari sebagian kelompok, bahkan kaum Yahudi secara terang-terangan melanggar Piagam Madinah dan bersekutu dengan kaum Quraisy. Oleh karena itu, Rasulullah Saw. terpaksa membela diri dan mempertahankan Islam dengan meladeni mereka perang.

e. Meneladani Strategi Dakwah Rasulullah Saw. Periode Madinah

Setelah Anda memahami strategi dakwah Rasulullah Saw. periode Madinah, hendaknya dapat meneladani dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk dapat meneladani dakwah Rasulullah Saw. di madinah.
  1. Jadikan Rasulullah saw. sebagai idola dalam kehidupan Anda sehingga Anda mempunyai semangat untuk meneladani sikap perilakunya.
  2. Baca dan pahamilah sejarah dakwah Rasulullah saw. seja mulai diutus sampai akhir hayatnya, sehingga Anda dapat memahami strategi dan metode yang digunakan beliau.
  3. Tanamkan keyakinan dalam hati bahwa meneladani akhlak dan strategi dakwah Rasulullah saw. adalah ibadah, sebab secara keseluruhan akhlak beliau adalah mulia. Itu berarti Anda sedang meneladai akhlak orang yang mulia.
  4. Tanamkan keakinan bahwa setiap muslim memiliki kewajiban berdakwah, yaitu mengajak kepada kebaikan dan meninggalkan keburukan, paling tidak berdakwah kepada diri sendiri , keluarga, dan teman.
  5. Mulailah meneladani strategi dakwah Rasulullah saw. sekarang juga, agar kelak Anda menjadi seorang padai yang sukses.
Dengan hijrahnya kaum muslimin, terbukalah kesempatan bagi Nabi saw untuk mengatur strategi membentuk masyarakat Islam yang bebas dari ancaman musuh baik dari luar maupun dari dalam. 

Itulah tadi sedikit informasi yang bisa saya berikan tentang Strategi Dakwah Rasulullah di Madinah semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.
Author: Uswatun Nakiyah Title: Strategi Dakwah Rasulullah di Madinah, Lengkap! Rating: 4.5
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
virtuarchive
Tags :

Populer Lainnya : Strategi Dakwah Rasulullah di Madinah, Lengkap!

0 comments:

Post a Comment