Tips Info Review Online

5 Hal Ini Dapat Menghindarkan Dari Ghibah

5 Hal Untuk Terhindar Dari Ghibah, PENTING!

Assalmu’alaikum…

Bagaimana kabar pembaca semoga baik dan semoga allah selalu member keringanan dalam hidup amin.

Kali ini saya akan menjelaskan cara bagaimana kita dapat terhindar dari sifat ghibah karena ghibah adalah prilaku yang sangatlah jelek untuk dapat mengindarinya ayo simak selengkapnya!

1. Bergaul dengan orang yang baik
5 Hal Ini Dapat Menghindarkan Dari Ghibah

Dalam hadits Rasululah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan tentang peran seorang teman :

مَثَلُ الْجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالسَّوْءِ كَحَامِلِ الْمِسْكِ وَنَافِخِ الْكِيرِ ، فَحَامِلُ الْمِسْكِ إِمَّا أَنْ يُحْذِيَكَ ، وَإِمَّا أَنْ تَبْتَاعَ مِنْهُ ، وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ مِنْهُ رِيحًا طَيِّبَةً ، وَنَافِخُ الْكِيرِ إِمَّا أَنْ يُحْرِقَ ثِيَابَكَ ، وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ رِيحًا خَبِيثَة
Artinya:

“Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.” (HR. Bukhari 5534 dan Muslim 2628)

Jika kalian berteman kepada orang yang suka bergunjing maka hasilnya kamu juga akan ikut ikutan bergunjing begitu juga sebaliknya

2. Jaga lidah anda

Berhati hatilah saat berbicara karena dengan hanya berbicara saja kamu dapat menyakiti hati orang lain seperti sabda nabi

Dari Sahl bin Sa’ad ra., Rosululloh Muhammad saw bersabda:

“Barangsiapa yang dapat memberikan jaminan kepadaku tentang kebaikannya apa yang ada di antara kedua tulang rahangnya – yakni mulut atau lidah – serta antara kedua kakinya – yakni kemaluannya, maka saya memberikan jaminan syurga untuknya.” (Muttafaq ‘alaih)

3. Intropeksi diri

Intropeksi diri merupakan hal yang cukup sulit dilakukan. Ada banyak orang yang dapat memilah-milah kesalahan orang lain, ini benar dan yang itu salah namun terkadang kesalahan sendiri tidak tampak olehnya. Intropeksi diri merupakan hal yang baik terlebih untuk mencari kejelekan diri sendiri.

4. Ingat kebaikan orang tersebut

Tidak semua orang yang dibicarakan memiliki kelakuan yang buruk sehingga tidak ada satupun ada kebaikan dari dirinya. Setiap orang tentu memiliki sisi baik dan sisi buruk.

5. Jika ada orang yang melakukan ghibah, maka ingatkan lah

Ingatkan orang tersebut bahwa dia telah melakukan ghibah, jika dia menentang maka jauhi lah orang itu


5 hal itu kalian harus lakukan karena kalian akan terhingar dari ghibah kalau kalian melakukan hal yang telah tertulis dalam artikel tersebut semoga artikel ini dapat bermmanfaat untuk kalian.

Wassalamu’alaikum…..

Author: Hasna Hasna Title: 5 Hal Ini Dapat Menghindarkan Dari Ghibah Rating: 4.5
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
virtuarchive
Tags :

Populer Lainnya : 5 Hal Ini Dapat Menghindarkan Dari Ghibah

0 comments:

Post a Comment