Tips Info Review Online

Contoh-Contoh Perilaku Tobat

Di dunia ini tidak ada orang yang luput dari dosa dan salah, baik terhadap sesama manusia maupun kepada Allah Swt. oleh karena itu, setiap muslim hendaknya memiliki perilaku tobat atas segala perbuatan dosa dan salah baik yang disengaja maupun tidak. Adapun Contoh-Contoh Perilaku Tobat menurut imam Al-Gazali tergolong kepada empat macam, yaitu sebagai berikut.
  • Berhenti dari perbuatan maksiat dan dosa yang selama ini dilakukannya, baik disengaja maupun tidak, baik kepada Allah Swt. maupun kepada sesama manusia.
  • Menyesali segala dosa dan salah yang telah diperbuat dengan penyesalan yang sangat dalam.
  • Berjanji dengan sepenuh hati untuk tidak mengulangi lagi perbuatan dosa dan salah di kemudian hari.
  • Jika dosa itu ada kaitannya dengan sesama manusia, sebelum memohon ampun kepada Allah Swt. harus bertobat dulu meminta maaf kepada mereka yang menjadi korban perbuatannya itu, aebab Allah Swt. tidak akan mengampuni dosa-dosa yang ada kaitannya dengan manusia sebelum mereka saling memaafkan.
Kriteria Orang Bertobat

Contoh-Contoh Perilaku Tobat


Orang yang tobat dikelompokkan menjadi empat macam yaitu sebagai berikut.
  • Bertobat dengan sebenar-benarnya tobat (tobat nasuha). Semua perbuatan maksiat tidak diulangi lagi sampai akhir hayat. Orang yang demikian itu disebut sebagai orang yang bertobat nasuha.
  • Bertobat atas segala dosa besar, tidak mengulangi perbuatan dosa besar itu, tetapi masih melakukan perbuatan dosa kecil, baik disengaja maupun tidak. Orang yang seperti itu tetap mendapat ampunan dari Allah Swt. sebagaimana firmannya berikut.
Artinya: (Yaitu) orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan keji yang selain dari kesalahan-kesalahan kecil. Sesungguhnya Tuhanmu Mahaluas ampunan-Nya. (Q.S. An-Najm, 53:32)
  • Bertobat dengan disertai janji untuk tidak mengulangi perbuatan maksiat, tetapi sering tidak berdaya dalam melawan hawa nafsu untuk melakukan perbuatan dosa itu. maka dari itu, setiap kali melakukan perbuatan dosa, seraya segera bertobat. Orang yang demikian itu juga diterima tobatnya, sebagaimana firman Allah Swt. 

Artinya: Dan (ada pula) orang-orang lain yang mengakui dosa-dosa mereka, mereka mencampurkan pekerjaan yang baik dengan pekerjaan lain yang buruk. Mudah-mudahan Allah menerima tobat mereka. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Q.S. At-Taubah, 9: 102)
  • Bertobat atas dosa-dosanya, tetapi setelah itu kembali melakukan dosa besar dan kecil, dan tidak ada penyesalan atas perbuatan dosanya sehingga seumur hidupnya terisi dengan lumuran dosa dan perbuatan kecil. Orang yang demikian itu, dalam jiwanya telah dipenuhi hawa nafsu setan.
Membiasakan Perilaku Tobat dalam Kehidupan Sehari-hari

Orang yang baik dan sempurna bukan yang tidak pernah melakukan perbuatan dosa, melainkan ketika melakukan perbuatan dosa dan salah segera bertobat. Membiasakan diri berperilaku tobat dalam kehidupan sehari-hari merupakan suatu perbuatan yang sangat terpuji. Apalagi mulai membiasakan sejak usia dini. Untuk dapat membiasakan diri berperilaku tobat hendaknya terlebih dahulu Anda memperhatikan beberapa hal berikut.
  • Menyadari sepenuhnya bahwa perbuatan dosaitu hanya mendatangkan mudarat dan kerugian, baik di dunia maupun di akhirat.
  • Yakin dalam hati bahwa Allah Swt. Maha Pemaaf dan Pengampun segala dosa.
  • Berusaha menjaga dan mengendalikan hawa nafsu, agar tidak terjerumus kedalam jurang dosa.
  • Mulailah dari sekarang untuk membiasakan diri berakhlak tobat.
  • Selalu berdoa kepada Allah Swt. agar diberi kekuatan dalam mengamalkan akhlak tobat.
Itulah tadi sedikit informasi yang bisa saya sampaikana tentang Contoh-Contoh Perilaku Tobat semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.
Author: Uswatun Nakiyah Title: Contoh-Contoh Perilaku Tobat Rating: 4.5
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
belajar-biologi
Tags :

Populer Lainnya : Contoh-Contoh Perilaku Tobat

0 comments:

Post a Comment