Tips Info Review Online

Kisah Umar bin Khattab Lengkap

Umar bin khattab lahir pada tahun 581 M. Nama lengkapnya adalah Umar bin Khattab bin Nufailbin Abdul Uzzabin Rabbah bin Abdullah bin Qurt bin Rizzah bin ‘Adi bin Ka’ab. Ibunya bernama Khantamah binti Hisyam. Ayahnya bernama Khattab bin Nufail. Garis keturunan Umar bin Khattab dengan Nabi Muhammad bertemu pada Ka’ab bin Lauyy. Berikut adalah Kisah Umar bin Khattab Lengkap

Umar bin Khatab berasal dari bani ‘Adi, suku yang memmpunyai kedudukan dan martabat yang tinggi di kalangan suku Quraisy. Umar bin Khattab adalah seorang pembesar Quraisy yang sangat terkenal, baik di kalangan masyarakat Quraisy sendiri maupun oleh bangsa-bangsa lain. Beliau sanggat dihormati dan ditakuti.

Setelah Abu Bakar wafat, Umar bin Khattab dibai’at menjadi khalifah pada tanggal 23 Jumadiakhir 13H/634M.

Kisah Umar bin Khattab Lengkap


Selama menjabat sebagai khalifah, banyak sekali kemajuan yang tercapai, antara lain di bidang pemerintahan adanya pembagian wilayah provinsi dan pembentukan dewan pemerintahan.

Beliau juga menetapkan kalender islam dan lambang negara, serta mengadakan peluasan wilayah. Umar bin Khattab juga menetapkan peraturan di bidang peradilan dan hukum, serta membentuk beberapa departemen di bidang ekonomi.

Perilaku terpuji yang patut diteladani dari sosok Umar bin Khattab adalah:

1. Dermawan dan Sederhana

Ketika menjabat sebagai khalifah, beliau terkenal dermawan terhadap fakir miskin dan sangat memerhatikan nasib fakir miskin. Beliau selalu berpenampilan sederhana baik dalam hal pakaian, makanan, dan lain-lain. Beliau melarang para penjabat hidup berfoya-foya.

2. Berani Bertindak dalam Kebenaran

Setelah masuk Islam, beliau berani mengumumkan keIslamannya di hadapan kaum kafir Quraisy dan berani melakukan hijrah secara terang-terangan.

Umar bin Khatab mempunyai beberapa kelebihan, antara laain:
  • Tegas dalam pendirian, sehingga mendapat gelar Abu Hafas.
  • Cerdas, anti berunding dan berpengetahuan luas maka diberi gelar Abu Faiz.
  • Pandai berkelahi, pegulat di pasar Ukaz karena keperkasaannya, ia sering disebut Singa Gurun Pasir (The Lion of The Dessert). Pada masa pemerintahannya, Umar pernah membentuk Majlis Syura (Dewan Penasihat) yang terdiri dari para pemuka sahabat yang terkenal antara lain, Ali, Usman, Abdurrahman bin Auf, Muad bin Jabbal, Ubay bin Ka’ab, Zaid bin Tsabit, Thaihah, dan Zubair.
3. Berpengetahuan Luas dan Cerdas

Beliau juga dikagumi karena sangat cerdas, ahli berunding, gaya bicaranya sangat bagus, dan berpengetahuan luas. Karena itu, beliau mendapat gelar Abu Faiz.

Umar bin Khattab juga sebagai wakil dari kabilahnya ketika melakukan perundingan-perundingan dengan suku-suku lain. Beliau juga mempunyai kecerdasan yang luar biasa.

4. Membantu Rasulullah dalam Berdakwah

Umar bin Khattab masuk Islam pada bulan Dzulhijjah tahun 616 M setelah membaca lembaran ayat Al-Quran surah Taha ayat 1-8. Umar bin Khattab segera mengambil langkah-langkah setelah dirinya masuk Islam, antara lain:
  • Mendatangi tokoh-tokoh Quraisy dan mengajak mereka ke jalan Allah.
  • Mencurahkan seluruh hidupnya untuk membela Rasulullah dan memperjuangkan Islam, serta
  • Selalu mengikuti setia peperangan membela Islam selama Nabi saw. masih hidup.
Setelah masuk Islam, Umar bin Khattab meminta kepada Rasulullah untuk berdakwah secara terang-terangan. Beliau juga mendatangi tokoh-tokoh Quraisy dan mengajak mereka ke jalan Allah.

5. Membela dan Melindungi Nabi Muhammad saw.

Setelah masuk Islam Umar bin Khattab mencurahkan seluruh hidupnya untuk membela Rasulullah dan memperjuangkan Islam. Selama Nabi saw. masih hidup beliau selalu mengikuti setiap peperangan membela Islam. Umar juga meminta kepada Nabi Muhammad saw. untuk berdakwah secara terang-terangan.
Itulah tadi sedikit informasi yang bisa saya sampaikan tentang Kisah Umar bin Khattab semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.
Author: Unknown Title: Kisah Umar bin Khattab Lengkap Rating: 4.5
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
belajar-biologi
Tags :

Populer Lainnya : Kisah Umar bin Khattab Lengkap

0 comments:

Post a Comment