Tips Info Review Online

Syarat Wajib Puasa Ramadhan

Assalamualaikum Ukhti Ikhwan gimana kabarnya, semoga baik aja ya.. Eh, Ukhti Ikhwan gimana puasa Ramadhannya? Lancar gak?.. moga lancar aja yah.. ngomong-ngomong soal puasa Ramadhan kalian tahu apa gak sih Syarat Wajib Puasa Ramadhan? Kedengarannya sih emang spele, tapi banyak juga loh dari kita yang gak tahu apa itu syarat puasa ramadhan. Nah, kali ini Ana udah nulis nih tentang Syarat Sah Puasa ramadhan selengkapnya silahkan baca disini.

Bagi seorang muslim yang ingin berpuasa tentu harus memenuhi syarat-syarat puasa, yang terdiri sebagai berikut.

1. Islam

Syarat Wajib Puasa Ramadhan


Orang yang berhak menjalankan puasa Ramadhan pastilah hanyalah orang Islam saja. Orang dari agama lain tidak dierbolehkan untuk menjalankan puasa Ramadhan. Bila ada seorang nonmuslim ingin melaksanakan puasa Ramadhan maka ia diwajibkan untuk masuk Islam terlebih dahulu.

2. Balig

Saat seorang muslim telah balig, maka ia diwajibkan untuk berpuasa. Namun bagi seorang muslim yang belum balig ia tidak diwajibkan untuk puasa. Walaupun, tidak diwajibkan untuk berpuasa, namun alangkah baiknya bila kita mengajarkan pada anak tersebut untuk berpuasa. Agar saat ia sudah balig nanti, ia sudah terbiasa menjalankan puasa Ramadhan.

3. Sehat Jasmani dan Rohani

Seorang yang sehat jasmani dan rohaninya diwajibkan untuk berpuasa, namun bagi seseorang yang tidak sehat jasmani maupun rohaninya, maka tidak diwajibkannya ia untuk berpuasa. Apabila seseorang sehat rohaninya, namun jasmaninya kurang sehat, dan tidak kuat melakukan puasa maka ia diperbolehkan untuk tidak berpuasa. Namun, saat ia sudah dalam keadaan sehat maka diwajibkan baginya untuk membayar puasa yang ditinggalkannya itu.

4. Berakal Sehat

Seorang Muslim yang berakal sehat diwajibkan untuk berpuasa, ia berkewajiban menjalankan perintah Allah. Namun, lain halnya bila seorang muslim tersebut hilang akalnya (gila) orang tersebut tidak diwajibkan untuk berpuasa.

5. Kuat Melaksanakan Puasa

Bagi seorang muslim puasa merupakan hal yang wajib dilakukan, namun terkadang seseorang tidak sanggup untuk menjalankan ibadah tersebut. Misalnya, seorang muslim yang sudah tua dan ia tak sanggup untuk menjalankan puasa ia diperbolehkan untuk tidak puasa namun, ia harus mengganti puasa yang ditinggalkan itu dengan denda atau fidyah. Perhatikan firman Allah berikut.

وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ

“(Dan wajib bagi orang mampu berpuasa (tapi tidak mengerjakannya), maka dia membayar fidyah dengan memberi makan kepada seorang miskin)”.

Berikut ini adalah orang-orang yang diwajibkan untuk membayar Fidyah:

1. Orang yang tua (jompo) laki-laki dan wanita yang merasa berat apabila berpuasa. Maka ia diperbolehkan untuk berbuka, dan wajib bagi mereka untuk memberi makan setiap hari kepada satu orang miskin. Ini merupakan pendapat Ali, Ibnu Abbas, Abu Hurairah, Anas, Sa’id bin Jubair, Abu Hanifah, Ats Tsauri dan Auza’i.[6]

2. Orang sakit yang tidak diharapkan kesembuhannya. Seperti penyakit yang menahun atau penyakit ganas, seperti kanker dan yang semisalnya.

3. Wanita Hamil Dan Wanita Yang Menyusui.

Bagi wanita hamil dan wanita yang menyusui dibolehkan untuk berbuka. Karena jika wanita hamil berpuasa, pada umumnya akan memberatkan dirinya dan kandungannya. Demikian pula wanita yang menyusui, jika dia berpuasa, maka akan berkurang air susunya sehingga bisa mengganggu perkembangan anaknya.

Nah, bagaimana Ukhti Ikhwan apa sudah paham mengenai Syarat Wajib Puasa Ramadhan? Setelah membaca artikel ini semoga kalian semua menjadi lebih paham syarat puasa ya. Sekian dari saya semoga bermanfaat, Wassalamualaikum..
Author: Uswatun Nakiyah Title: Syarat Wajib Puasa Ramadhan Rating: 4.5
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
virtuarchive
Tags :

Populer Lainnya : Syarat Wajib Puasa Ramadhan

0 comments:

Post a Comment