Tips Info Review Online

Pengertian, dan Contoh Musaqat Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Dalam pengertian musaqoh ada beberapa pendapat dan pengertian. Musaqoh dalam bahasa merupakan wazn mufa’ala dari kata as-saqyu yang sinonimnya asy-syurbu, artinya memberi minum. Penduduk Madinah menamai musaqoh dengan mu’amalah, yang merupakan wazn mufa’alah dari kata ‘amila yang artinya bekerja (bekerja sama).

Secara etimologi, kalimat musaqah itu berasal dari kata al-saqa yang Artinya seseorang bekerja pada pohon tamar, anggur (mengurusnya ) atau pohon-pohon yang lainnya supaya mendatangkan kemashlahatan dan mendapatkan bagian tertentu dari hasil yang di urus sebagai imbalan. Berikut ini adalah Pengertian, dan Contoh Musaqat Dalam Kehidupan Sehari-Hari selengkapnya silahkan baca disini.

Asas Transaksi Musaqat

pengertian dan Hukum Musaqat

Musaqat adalah kerja sama antara pemilik kebun dan penggarap. Pemilik kebun menyerahkan tanaman kepada penggarap untuk diurus, dan hasilnya untuk mereka berdua sesuai dengan perjanjian. Landasan disyariatkan musaqat adalah hadist Rasulullah saw.

Yang artinnya, dari Ibnu Umar, sesungguhnya Nabi saw. telah mempekerjakan penduduk Khaibar dengan perjanjian upah sebagian dari tanaman yang dihasilkan, baik berupa buah-buahan atau tanaman. (H.R. Muslim, Abu Daud, dan Tarmuzi)

Berdasarkan hadist diatas dapat diketahui bahwa hukum musaqat adalah mubah, bahkan sangat dianjurkan oleh Islam.

Rukun dan Syarat Musaqat

Rukun Musaqat
  • Pemilik kebun dan penggarap
  • Kebun yang akan digarap.
  • Bentuk atau jenis garapan/pekerjaannya.
  • Penetapan hasilnya.
  • Ijab kabul.
Syarat Musaqat

Pengertian, dan Contoh Musaqat Dalam Kehidupan Sehari-Hari

  • Orang yang menyerahkan kebun itu untuk digarap harus pemilik sebenarnya.
  • Tanaman yang dipelihara harus jelas, dapat dilihat secara nyata, sebab tidak boleh musaqat terhadap barang yang tidak diketahui.
  • Pemilik kebun hendaknya dengan tegas menetapkan lama pengurusan tanaman, apakah satu musim panen, setahun, dua tahun, dan sebagainya.
  • Persentase pembagian hasil harus jelas sebelum dimulainnya pekerjaan, apakah 40%, 50%, atau berapa.
  • Masing-masing pihak adalah orang yang berhak untuk membelanjakan harta (menurut pandangan agama).
  • Akad hendaknya dilaksanakan sebelum membuatt peranjian karena musaqat merupakan akad perjanjian.
Batalnya Musaqat
  1. Penggarap tidak mampu melaksanakan tugas. Jika dalam akad disyariatkan bahwa penggarap harus melakukan tugas secara langsung, batalnya musaqat tersebut apabila penggarap tidak mampu untuk melaksanakan tugasnya. Namun jika dalam akad tidak disyariatkan demikian, akad musaqat itu tidak batal, tetapi harus mencarikan penggantinya.
  2. Matinya salah seorang yang melakukan akad. Jika salah seorang meninggal dunia batal akad tersebut, kecuali dalam akad dicantumkan ahl waris masing-masing bisa menggantikan kedudukannya.
Jenis Pekerjaan

Dalam kerja sama musaqat terdapat dua jenis pekerjaan yaitu sebagai berikut.
  1. Pekerjaan yang manfaatnya kembali kepada tanaman, dilakukan oleh penggarap, misalnya menyirammi, membersihkan rumput, mengawinkan bunga, dan sebagainya.
  2. Pekerjaan yang manfaatnya kkembali kepada tanah, hal ini dibebankan kepada pemilik, misalnya ppemagaran, pembuatan parit, penyediaan alat penyiram, dan sebagainya.
Hikmah Musaqat

Berikut hikmah yang dapat dipetik dari kerja sama dalam bentuk musaqat.

  1. Terbinanya kehidupan yang saling memberi manfaat antara pemilik kebun dan peggara
  2. Mengentaskan kemiskinan sebab dengan musaqat orang yang tidak mempunyai lapangan usaha yang lain dapat menikmati hasil usahanya setelah tanaman yang diurusnya sampai waktu panen. Hal ini merupakan suatu upaya untuk memberikan lapangan pekerjaan kepada orang-orang yang tidak mampu.
  3. Meningkatkan hasil usaha sebab dengan adanya kerjasama dengan penggarap, pemilik kebun yang tidak sempat mengurus kebunnya dapat memacu produksi atau hasil usahanya berkat bantuan penggarap yang mengurusnya.
Itulah tadi sedikit informasi yang bisa saya sampaikan tentang Pengertian, dan Contoh Musaqat Dalam Kehidupan Sehari-Hari semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.
Author: Uswatun Nakiyah Title: Pengertian, dan Contoh Musaqat Dalam Kehidupan Sehari-Hari Rating: 4.5
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
virtuarchive
Tags :

Populer Lainnya : Pengertian, dan Contoh Musaqat Dalam Kehidupan Sehari-Hari

0 comments:

Post a Comment