Tips Info Review Online

Niat Puasa Ramadhan

Assalamualaikum..

Sebelum kitaa berpuasa, tentu saja kita harus membaca niatnya terlebih dahulu. Kita sebagai umat muslim tentu sudah tahu bagaimana bacaan Niat Puasa Ramadhan. Namun, tak banyak juga dari kita yang masih belum tahu bagaimana niat untuk melaksanakan puasa Ramadhan.

Sebagaimana sudah kita ketahui bahwa melakukan ibadah puasa dibulan romadhon merupakan rukun islam yang ke empat, tentunya bagi orang yang tidak melaksanakan tanpa ada sebab yang berat maka akan mendapatkan siksaan.

Niat Puasa Ramadhan


Selain itu Alloh SWT telah berfirman dalam alquran surat Al-Baqarah: 183-185 tentang kewajiban umat muslim dalam melaksanakan ibadah puasa ramadhan yakni:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ. أَيَّامًا مَعْدُودَاتٍ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ. شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ.

Artinya:

“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian untuk berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa, (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka, barang siapa di antara kalian sakit atau berada dalam perjalanan (lalu berbuka), (dia wajib berpuasa) sebanyak hari yang ia tinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Wajib bagi orang-­orang yang berat menjalankannya, (jika mereka tidak berpuasa), membayar fidyah, (yaitu) memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang mengerjakan kebajikan dengan kerelaan hati, itulah yang lebih baik baginya. Berpuasa lebih baik bagi kalian jika kalian mengetahui. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur`an sebagai petunjuk bagi manusia, penjelasan-­penjelasan mengenai petunjuk itu, dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Oleh karena itu, barangsiapa di antara kalian hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, hendaklah ia ber­puasa pada bulan itu, dan barangsiapa yang sakit atau berada dalam perjalanan (lalu berbuka), (dia wajib berpuasa) sebanyak hari yang ia tinggal­kan itu pada hari-hari yang lain. Allah meng­hendaki kemudahan bagi kalian, dan tidak meng­hendaki kesukaran bagi kalian. Hendaklah kalian mencukupkan bilangan (bulan) itu dan hendaklah kalian mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberi­kan kepada kalian supaya kalian bersyukur.” [Al-Baqarah: 183-185]

Berikut ini adalah niat yang harus dibaca sebelum sahur atau sebelum menjalankan puasa Ramadhan.
Arab


Bacaan Doa Niat Puasa Ramadhan dalam Bahasa Indonesia

Nawaitu souma godhin an adaa i, fardhi syahri ramadhaana haadzihis sanati lillahi taaalaa

Terjemahan Doa Niat Puasa Ramadhan

Sengaja aku berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu puasa pada bulan Ramadhan bagi tahun ini kerana Allah Taala

Setiap kita selesai sholat tarawih biasanya imam di masjid atau musalla selalu membacakan doa tersebut, namun tak bisa menutup kemungkinan ada sebagian dari kita yang masih belum mengerti akan doa tersebutl Itulah tadi sedikit informasi yang bisa saya sampaikan tentang Niat Puasa Ramadhan semoga bermanfaat bagi Anda semua yang sedang mencari tahu bagaimanakah doa untuk berpuasa. Wassalamualaikum..
Author: Uswatun Nakiyah Title: Niat Puasa Ramadhan Rating: 4.5
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
belajar-biologi
Tags :

Populer Lainnya : Niat Puasa Ramadhan

0 comments:

Post a Comment