Tips Info Review Online

Hal-Hal yang Membatalkan Puasa

Assalamualaikum..

Saat kita menjalankan puasa Ramadhan, tanpa kita sadari beberapa hal bisa menjadi penyebab batalnya puasa kita. Namun, kita tak menyadarinya. Mungkin, sebagian kita bisa menyadarinya karena itu memang kita sengaja sendiri, namun bagaimana jika hal tersebut tidak kta sengaja? Apa itu tetap membatalkan puasa kita? Nah, berikut ini adalah Hal-Hal yang Membatalkan Puasa selengkapnya silahkan baca disini.

Puasa dalam bahasa Arab (صوم /shaum) berarti “Menahan Diri” dari makan dan minum serta dari semua perkara yang dapat membatalkan puasa mulai dari terbit fajar shidiq (subuh) sampai terbenam matahari (maghrib).

Hal yang membatalkan pahala puasa adalah perkara yang dapat membuat nilai atau pahala puasa tidak sempurna atau bahkan puasa tersebut tidak memperoleh pahala walaupun puasa yang dijalankan secara hukum tetap sah namun tidak mendapatkan pahala sedikit pun dari ibadah yang dijalankan selain rasa lapar dan haus. Puasa yang demiakian disebut puasa yang sia-sia.

Hal yang Dapat Membatalkan Puasa

Hal-Hal yang Membatalkan Puasa


1. makan dan Minum dengan Sengaja

Kita semua pasti sudah tahu, kalauu puasa adalah menahan lapar dari terbitnya fajar hingga adzan magrib berkumandang. Nah, kalau kita makan dan minum dengan sengaja pasti kita tahu sendiri kalau itu adalah hal yang bisa membatalkan puasa. kalau kita makan dan minum dengan sengaja, tentu saja puasa kita akan batal.

2. Jima’

Melakukan jima’ siang hari dengan sengaja baik dengan istri atau suami termasuk dengan siapapun baik keluar mani atau tidak maka puasanya batal

Bagi mereka yang berniat puasa pada malam harinya lalu pada siang harinya melakukan hal itu maka diwajibkan
  • Meng-qadha (mengganti) dan membayar kafarat dengan memerdekakan budak sebagai hukuman yang setara, jika tidak mampu 
  • Mengganti puasa diluar bulan ramadhan selama 2 bulan berturut-turut, jika tidak mampu 
  • Membayar fidyah untuk 60 orang fakir miskin, jika tidak mampu 
  • Tetap menjadi tanggungan dan wajib membayar setelah mampu 
3. Mengeluarkan Mani Dengan Sengaja

Mengeluarkan dengan sengaja misalnya dipelintir-pelintir, berhayal yang disengaja sampai keluar sperma dapat membatalkan puasa, tidak termasuk jika bermimpi.

4. Muntah Disengaja

Muntah disengaja seperti memasukan jari kedalam kerongkongan agar muntah, tapi kalau mmuntah pada saat sakit atau mabuk karena perjalanan itu tidak termasuk hal yang membatalkan puasa.

5. Haid dan Nifas

bagi wanita yang sedang haid atau nifas tidak diperbolehkan puasa hingga berakhirnya masa haid atau nifas tersebut. Setelah itu, baru diperbolehkan unttuk berpuasa lagi.

6. Hilang Akal atau Gila

orang yang hilang akal atau gila tidak diwajibkan untuk berpuasa, namun jika seseorang berpuasa dan sebelum berbuka tiba-tiba orang tersebut gila berarti puasanya batal.

7. Memasukan Benda melalui Kubul dan Dhubur

Sengaja memasukan benda padat atau cair melalui kedua lubang (dubur atau qubul) dapat membatalkan puasa, sebaiknya hindari buang angin didalam air yang bisa menyebabkan air masuk sehingga akan membatalkan puasa kita.

8. Menghisap Rokok dengan Sengaja

Saat melaksanakan puasa lalu merokok maka puasanya akan batal, karena asab rokok termasuk benda (ain) yang bisa masuk kedalam lambung keculi mencium wangi-wangian.

Itulah tadi sedikit informasi yang bisa saya sampaikan tentang Hal-Hal yang Membatalkan Puasa semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Wassalamualaikum..
Author: Uswatun Nakiyah Title: Hal-Hal yang Membatalkan Puasa Rating: 4.5
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
virtuarchive
Tags :

Populer Lainnya : Hal-Hal yang Membatalkan Puasa

0 comments:

Post a Comment