Tips Info Review Online

Sifat –Sifat Para Nabi dan Rasul

Allah mengangkat orang-orang yang terpilih untuk menjadi rosul di muka bumi ini.Tugas yang di emban oleh para rosul amatlah berat. Untuk suksesnya tugas yang di percayakan Allah, para rosul didukung oleh sifat-sifat yang sangat istimewa yang di antaranya tidak sama dengan sifat-sifat manusia biasa. Sifat-sifat tersebut terdiri dari tiga macam, yaitu: sifat wajib, sifat mustahil, dan sifat mustahil. Berikut ini adalah Sifat –Sifat Para Nabi dan Rasul

Sifat –Sifat Para Nabi dan Rasul

Para rasul Allah Swt. memiliki akhlak yang mulia dan terpuji. Sebagaimana firman Allah Swt. berikut.

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا (٢١

Artinya: Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. (Q.S. Al-Ahzab, 33/21).

Adapun akhlak mulia yang wajib dimiliki para rasul atau nabi antara lain sebagai berikut.

a. Sidik Artinya Benar dan Jujur

Mustahil para nabi dan rasul itu memiliki sifat kizib (dusta), karena jika para nabi dan rasul itu bersifat dusta, tentu ajaran yang disampaikannya penuh dengan kedustaan yang dapat menyesatkan dan menyengsarakan umat manusia.

b. Amanah Artinya dapat Dipercaya

Mustahil para nabi dan rasul itu bersifat khianat (penipu), karena jika para nabii dan rasul itu bersifat khianat, tentu ajaran yang disampaikannya penuh dengan kebohongan yang dapat menyesatkan dan menyengsarakan umat manusia, maka dari itu para nabi dan rasul bersifat amanah.

c. Tablig Artinya Menyampaikan

 Sifat –Sifat Para Nabi dan Rasul


Tablig artinya menyampaikan, maksud para nabi dan rasul itu wajib menyampaikan risalah atau ajaran-ajaran Allah Swt. yang diterimanya kepada umat manusia agar dijadikan pedoman hidup oleh mereka. Mustahil para nabi dan rasul itu bersifat kitman atau menyembunyikan dan tidak menyampaikan risalah yang diterimanya kepada umat manusia. Jika para nabi dan rasul itu bersifat kitman, tentu umat manusia tidak mempunyai pedoman hidup yang bersumber dari Allah Swt. sehingga mereka akan mengalami kehancuran dan kebinasaan.

d. Fatanah Artinya Pandai dan Cerdas

Menurut akal sehat, para pemimpin umat seperti nabi dan rasul wajib bersifat fatanah (pandai atau cerdas), karena dengan sifatnya yang fatanah para nabi dan rasul dapat berhujah, berdialog, terutama dengan para penentangnya. Oleh karena itu, mustahil para nabi dan rasul itu bersifat jahlun (bodoh).

Itulah tadi sedikit informasi mengenai Sifat –Sifat Para Nabi dan Rasul yang dapat saya sampaikan kepada Anda. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.
Author: Uswatun Nakiyah Title: Sifat –Sifat Para Nabi dan Rasul Rating: 4.5
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
belajar-biologi
Tags :

Populer Lainnya : Sifat –Sifat Para Nabi dan Rasul

0 comments:

Post a Comment